Kemenkes Jalin Kerjasama dengan Hongkong

Kemenkes Jalin Kerjasama dengan Hongkong
Kemenkes Jalin Kerjasama dengan Hongkong

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Kesehatan telah menerima kabar adanya warga negara Indonesia (WNI) yang terkena flu burung jenis H7N9 yaitu TM (36). Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Profesor Tjandra Yoga Aditama mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi juga dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengecek lebih lanjut sakit yang diderita TM. Sejauh ini, kata Tjandra, pihaknya telah meminta pihak rumah sakit di Hongkong untuk merawat TM maksimal.

"Sudah diberitahu dia (TM) menderita flu burung dan dalam keadaan kritis. Kami melanjutkan komunikasi agar pasien yang dirawat ini segara dirawat maksimal. Tentu diserahkan kepada pengelola kesehatan di Hongkong untuk menanggulanginya," ujar Tjandra saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis, (5/12).

Tjandra mengungkapkan pihaknya juga telah meminta Konsulat Jenderal RI di Hongkong untuk mendata nama WNI di wilayah itu agar dapat dicek lebih lanjut kesehatan mereka. Sementara itu, pemerintah di Hongkong sudah melakukan screening terhadap WNI untuk memastikan tidak ada lagi yang tertular flu burung.

"KJRI sudah kami minta memberikan edaran pada WNI tentang H7N9. Si korban ini juga pada saat sakit tidak berkomunikasi sesama WNI. Sejauh ini tidak ada yang tertular flu burung lagi," sambungnya.

Tjandra mengungkapkan H7N9 adalah  penyakit flu burung yang menular dari unggas ke manusia. Ia menegaskan tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia.

"Jadi masih menular dari unggas ke manusia. Belum menular dari manusia ke manusia walaupun ada beberapa klaster," tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA--Kementerian Kesehatan telah menerima kabar adanya warga negara Indonesia (WNI) yang terkena flu burung jenis H7N9 yaitu TM (36). Direktur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News