Kemenkes Sebut Kasus Covid-19 Nasional Melandai Selama 3 Minggu

Kemenkes Sebut Kasus Covid-19 Nasional Melandai Selama 3 Minggu
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. Foto/ilustrasi: tangkapan layar dalam video Kemenkes

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeklaim kasus konfirmasi harian Covid-19 sudah melandai dalam tiga minggu terakhir.

Jumlah kasus konfirmasi harian Covid-19 pada Senin (28/2) sebanyak 25.054 dan pasien yang dirawat di rumah sakit sebanyak 35 persen dari kapasitas tempat tidur yang disediakan.

Kasus aktif pada Senin ini juga menurun 10 persen atau 19.200 kasus dari hari sebelumnya.

“Beberapa provinsi sudah mulai mengonfirmasi penurunan kasus harian dan perawatan pasien selama tiga minggu terakhir ini seperti DKI Jakarta, Banten, Bali, Maluku, Papua, dan NTB," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Senin (28/2).

Adapun provinsi lain yang sudah melandai dalam satu minggu terakhir dan sedang dipantau konsistensi penurunannya oleh Kemenkes ialah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

“Meskipun kami pantau, masih ada beberapa provinsi di Jawa dan luar Jawa yang meningkat, tetapi secara agregat kita bisa melihat penanganan pandemi secara nasional membaik karena provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk sudah melewati puncaknya dalam waktu yang cukup konsisten,” tutur Nadia.

Dia juga menyebut angka kesembuhan pasien masih cukup tinggi. Sebab, jumlah kasus sembuh pada Senin (28/2) mencapai 43.992.

Nadia menekankan pihaknya terus berupaya menekan risiko terburuk akibat infeksi Covid-19 agar pandemi ini bisa menjadi endemi.(mcr9/jpnn)

Kemenkes mengeklaim kasus konfirmasi harian Covid-19 sudah melandai dalam tiga minggu terakhir.


Redaktur : Friederich
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News