Kemenkes Tambah 32 Rumah Sakit Rujukan Untuk Virus Corona

Kemenkes Tambah 32 Rumah Sakit Rujukan Untuk Virus Corona
RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, tempat dua warga Depok menjalani isolasi terkait corona. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kemenkes Bambang Wibowo menerangkan bahwa pemerintah bakal menambah sebanyak 32 rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

Menurut dia, jumlah itu merupakan tambahan dari 100 rumah sakit yang sebelumnya sudah disiapkan.

“Ada 32 rumah sakit untuk ditambahkan menjadi rumah sakit rujukan. Ini sedang disiapkan, tetapi sekarang sudah ada 100 rumah sakit disiapkan beberapa tahun ini untuk menjadi rujukan flu,” ujar dia di kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3).

Bambang menambahkan, keputusan memperbanyak jumlah rumah sakit ini untuk mempermudah proses rujukan.

Tak hanya itu, Kemenkes juga sudah melakukan sosialisasi soal standar penanganan penyebaran corona di Indonesia. Pemberitahuan juga telah disampaikan ke kalangan dokter termasuk dokter paru.

“Simulasi tidak dilakukan sendiri. Termasuk bagaimana rujukan antarpasien. Termasuk bagaimana standar mengambil material, media yang digunakan seperti apa, semuanya sudah distandarisasi,” beber dia.

Diketahui, saat ini ada dua WNI dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Keduanya merupakan warga Depok, Jawa Barat, yakni seorang wanita berusia 64 tahun bersama putrinya berumur 31 tahun.

Kini, keduanya telah menjalani penanganan di rumah sakit RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. (cuy/jpnn)

Kemenkes mengklaim sudah melakukan sosialisasi soal standar penanganan penyebaran virus corona di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News