Kemenko Perekonomian Bentuk Tim untuk Pembahasan TraveL Bubble Indonesia-Singapura

Kemenko Perekonomian Bentuk Tim untuk Pembahasan TraveL Bubble Indonesia-Singapura
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia-Singapura bentuk tim untuk bahas travel bubble. Foto: Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Airlangga menyatakan, Indonesia dan Singapura sepakat untuk membentuk tim membahas kemungkinan dilakukannya travel bubble antara Singapura dan Indonesia.

Menurut dia, pembahasan diawali dengan disepakatinya travel arrangement antara Singapura dengan kawasan Batam-Bintan-Karimun (BBK).

Diharapkan, dengan adanya travel arrangement ini, para pebisnis dan turis dimungkinkan untuk bepergian secara bebas dari kawasan BBK-Singapura dan sebaliknya.

“Tentu dengan protokol kesehatan. Seperti arahan Presiden Joko Widodo, di masa sulit seperti saat ini, negara ASEAN harus terus menunjukkan soliditasnya dengan berkolaborasi dan saling membantu, termasuk di dalamnya adalah meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata,” ungkap Airlangga dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (12/3).

Dia menyebutkan, tim kerja untuk penerapan travel bubble akan melibatkan Kementerian/Lembaga terkait seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, dan Direktorat Jenderal Imigrasi. 

Airlangga menyatakan, pembentukan Tim Kerja ini disambut baik oleh Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat, dimana Duta Besar masing-masing negara akan turut berkoordinasi dalam Tim Kerja tersebut. 

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia dan Singapura berkomitmen untuk melanjutkan penguatan kerja sama ekonomi bilateral antar kedua negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo melakukan pertemuan virtual pada Jumat (12/3). 

Indonesia dan Singapura sepakat untuk membentuk tim membahas kemungkinan dilakukannya travel bubble antara Singapura dan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News