Kemenko Perekonomian: Neraca Komoditas tak Akan Rugikan Industri

Kemenko Perekonomian: Neraca Komoditas tak Akan Rugikan Industri
Pelepasan ekspor komoditas pertanian. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian memastikan keberadaan neraca komoditas yang saat ini masih disusun tidak akan merugikan industri.

Pemerintah memastikan proses penyusunan neraca tersebut akan dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan semua pemangku kepentingan

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud menjelaskan tujuan utama penyusunan neraca komoditas untuk stabilitas harga, sehingga tidak mendorong inflasi.

“Neraca komoditas untuk mendorong stabilitas harga, kecukupan industri, perdagangan dan lain-lain,” kata Musdhalifah.

Nantinya, neraca komoditas tidak terkait dengan pembatasan impor.

Menurut Musdhalifah, impor komoditas yang nantinya digunakan sebagai bahan baku atau bahan baku penolong industri bisa dilakukan jika pasokan dari dalam negeri kurang. 

“Kalau kurang kita impor tidak ada pembatasan-pembatasan,” terangnya.

Itulah kenapa, penyusunan neraca komoditas akan melibatkan Badan Pusat Statistik, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, industri, dan berbagai asosiasi dari hulu sampai hilir.

Keterlibatan industri dan asosiasi dalam penyusunan neraca komoditas menjadi sangat penting untuk menjamin kepastian bahan baku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News