Kemenko PMK Dukung Program Beasiswa Kader Surau YBM BRI

Kemenko PMK Dukung Program Beasiswa Kader Surau YBM BRI
Deputi IV Kemenko PMK Agus Sartono saat berbagi pengalaman di hadapan mahasiswa hafiz quran yang menerima beasiswa. Foto: Mesya Muhamad/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mendukung Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI), yang memberikan Beasiswa Kader Surau kepada ratusan mahasiswa dari 18 universitas di dalam negeri.

"Saya berkali-kali apresiasi YBM BRI karena sudah melakukan program ini," kata Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Agus Sartono dalam Kegiatan Sarasehan Nasional Kader Surau bertajuk 'Pemuda Nasional Character Building dan Masa Depan Indonesia', Jumat (20/7).

Kegiatan Sarasehan Nasional Kader Surau ini merupakan kegiatan orientasi bagi penerima beasiswa yang baru setiap tahunnya. Agus sempat memberikan wejangan kepada ratusan mahasiswa yang juga merupakan para penghafal Alquran ini. Kepada mereka, Agus berpesan agar terbiasa hidup mandiri.

"Kunci yang berhasil pertama adalah kalian harus belajar mandiri. Kalian harus punya keinginan untuk berubah," imbaunya.

Pengalaman hidupnya yang juga dari keluarga kurang mampu. Meski hanya sebagai anak petani miskin, bermodal tekad yang kuat, dia pun berhasil lulus di UGM dengan predikat cumlaude. Dari sana, sembari bekerja di perpustakaan, dia pun lanjut kuliah S2 di Amerika Serikat. "Alhamdulillah lulus dengan IP waktu master itu 3,8," imbuhnya.

Setelah itu, Agus muda melanjutkan kuliahnya di Austria untuk mendapatkan gelar S3. Di sana, dia nyambi sebagai seorang pengajar.

"Alhamdulillah teman-teman di sana butuh waktu 4 sampai 5 tahun, saya selesai dalam waktu 2 tahun 8 bulan," bebernya.

Kepada mahasiswa para Kader Surau, Agus berpesan untuk terus belajar keras dengan tetap memegang teguh integritas agar kelak bisa sukses seperti dirinya atau bahkan lebih.

Kemenko PMK mendukung Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) memberikan Beasiswa Kader Surau kepada ratusan mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News