Kemenkominfo Ajak Masyarakat Gunakan Digital untuk Meningkatkan Keahlian

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Gunakan Digital untuk Meningkatkan Keahlian
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar webinar. Foto: dok Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar webinar dengan tema “Merawat Kebhinekaan dalam Bingkai Kebangsaan Melalui Literasi Digital”.

Webinar itu diadakan mengingat kehadiran media digital yang kian berkembang pesat memberikan tantangan tersendiri dalam pelestarian budaya lokal.

Adapun kemampuan digital yang perlu dimiliki warganet di antaranya pemahaman penggunaan mesin pencari untuk mengelola informasi, menjaga etika berinternet, dan meningkatkan keahlian dalam mendokumentasikan budaya lokal sebagai upaya pelestarian kekayaan budaya Indonesia.

Dosen Senior Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik FISIPOL Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus Sekretaris Jenderal Indonesian Association for Public Administration (IAPA) Dr Bevaola Kusumasari mengatakan kecakapan digital seseorang bisa ditandai oleh kemampuannya dalam penggunaan mesin pencarian sekaligus pemanfaatan fitur-fiturnya.

Misalnya, pengguna bisa memilih kata kunci secara efektif melalui tanda bacaan tertentu dan memahami fitur yang tersedia untuk membatasi jenis informasi.

"Berbagai macam mesin pencari yang tersedia di internet seperti Google, Bing, ataupun Yahoo, masing-masingnya memiliki keunggulan dan fitur khusus," ungkap dia dalam siaran persnya, Jumat (26/8).

Dia menambahkan Google punya keunggulan untuk menampilkan informasi dari banyak sumber dan tersedia dalam berbagai jenis bahasa.

Sementara itu, Bing menyediakan informasi dalam berbagai jenis multimedia serta memiliki fasilitas instant answer.

Kecakapan digital seseorang bisa ditandai oleh kemampuannya dalam penggunaan mesin pencarian sekaligus pemanfaatan fitur-fiturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News