Kemenkominfo Gencarkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Kemenkominfo Gencarkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital
Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Politeknik Caltex Riau. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menggelar Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Roadshow yang dilaksanakan di Pekanbaru pada 7 Mei ini merupakan fase pengenalan program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, sebagai langkah awal dalam memperkenalkan definisi startup sekaligus menanamkan pola pikir kewirausahaan kepada masyarakat umum. 

Berdasarkan data milik Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 3,47% dari total penduduk hingga tahun 2021 lalu.

Oleh karena itu, sejalan pula dengan visi Indonesia Digital Nation 2025, Kemenkominfo berkolaborasi dengan para penggerak ekosistem digital untuk menginisiasi gerakan tersebut. Tujuannya meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Erisman Yahya mengatakan Pemprov Riau menyambut baik penyelenggaraan program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital untuk memberikan wawasan tentang kewirausahaan berbasis digital kepada masyarakat.

"Mencerdaskan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi digital menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan, sehingga kemajuan teknologi digital yang ada dapat berperan sebagai perekat kesatuan bangsq," tutur Erisman dalam keterangannya dikutip Rabu (10/5).

Pada kesempatan sama, Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid menyampaikan bahwa potensi talenta digital di Riau harus dioptimalkan. Salah satu caranya melalui program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. 

Menurutnya ini kesempatan besar bagi para talenta digital. Dia optimistis dengan dukungan dari Pemprov Riau, Kementerian Kominfo, talenta-talenta digital akan makin berkembang.

Kemenkominfo gencarkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital untuk meningkatkan jumlah entrepreneur 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News