Kemenkominfo Kerja Sama dengan Platform, Bantu UMKM Go Digital

Kemenkominfo Kerja Sama dengan Platform, Bantu UMKM Go Digital
Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan literasi digital dalam upaya mendukung dan memberikan wadah bagi UMKM. Ilustrasi UMKM: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan literasi digital dalam upaya mendukung dan memberikan wadah bagi UMKM mengembangkan bisnis.

Hal itu dikatakan dirinya saat acara yang bertajuk Meta Bacarita Produk Lokal: UMKM Berdaya untuk Indonesia yang digagas Center for Digital Society (CfDS) bersama Meta, Kominfo, dan APJII di Labuan Bajo, NTT, Kamis (21/7).

"Kemenkominfo memiliki program UMKM Go Online yang bisa diikuti pelaku UMKM," kata Semuel dalam keterangan pers dari Humas APJII, Senin (25/7).

Menurutnya, melalui program UMKM Go Online, pengusaha kecil dan menengah bisa memperluas jaringan usaha.

"UMKM dapat memperoleh ilmu dan memahami proses berjualan secara daring (online) hingga mampu mandiri dan memperluas jaringan pemasaran produk masing-masing," ujarnya.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Umum APJII Muhammad Arif menyampaikan bahwa pihaknya juga aktif memberikan akses di daerah tanpa jaringan internet melalui program Desa Internet Mandiri. 

Menurut dia, program itu menyasar desa-desa di luar daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Tentunya, kata Arif, program itu membuat kesadaran UMKM bisa meningkat dalam memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan usaha.

Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan literasi digital dalam upaya mendukung dan memberikan wadah bagi UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News