Kemenkominfo Mendorong Digitalisasi Sektor Logistik & Maritim, Mudahkan Nelayan

Kemenkominfo Mendorong Digitalisasi Sektor Logistik & Maritim, Mudahkan Nelayan
Kemenkominfo dengan Pemkab Ende dan startup digital fishOn mendorong digitalisasi pada sektor logistik serta maritim melalui pemanfaatan solusi teknologi digital. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Pemkab Ende dan startup digital fishOn mendorong digitalisasi pada sektor logistik serta maritim melalui pemanfaatan solusi teknologi digital. 

Ketua Tim Tranformasi Digital Sektor Pertanian Maritim Logistik, Dikki Rukmana menerangkan Kominfo diamanatkan mengawal transformasi digital di sektor-sektor strategis untuk mendorong ekonomi digital Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui berbagai fasilitasi, kerja sama dan program.

Plt. Dinas Perhubungan Ende, Albertin Djombu Djeen mengungkapkan potensi perikanan didukung oleh sarana logistik laut.

Dengan 4 pelabuhan laut dan 5 tambatan perahu yang ada di Kabupaten Ende, serta berbagai pendukung logistik lainnya, merupakan wujud komitmen Dinas Perhubungan untuk mendukung nelayan Ende.

Melalui pemanfaatan aplikasi fishOn yang dikenalkan oleh perwakilan startup fishOn Yofani Maria Renya Rosari pada sesi bimtek, diharapkan dapat memberikan solusi dari hulu ke hilir bagi nelayan dalam menunjang keseharian dan usahanya. 

Aplikasi ini memudahkan nelayan untuk mengetahui lokasi fishing ground yang akan dituju oleh nelayan saat melaut.

Dengan titik koordinat yang jelas, maka perkiraan kebutuhan BBM pun dapat dihitung sehingga pengeluaran dapat dikelola dan lebih efisien.

“Potensi laut Indonesia tanpa batas dan perairan Flores yang sudah dikenal dunia sebagai laut yang ramah lingkungan,” tutur Yofani dalam keterangannya dikutip Rabu (20/9).

Kemenkominfo mendorong digitalisasi sektor logistik & maritim, lebih memudahkan nelayan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News