Kemenkominfo-MUI Dorong Masyarakat Kaltim untuk Bangkit dari Pandemi

Kemenkominfo-MUI Dorong Masyarakat Kaltim untuk Bangkit dari Pandemi
Literasi pandemi dan pemulihan ekonomi yang digagas Kemenkominfo dan MUI. Foto: Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi yang terjadi secara global telah berdampak pada hampir seluruh sektor kehidupan, salah satunya ekonomi, tak terkecuali bagi masyarakat di Kalimantan Timur.

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, diperlukan kekuatan dan aksi positif dari berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat dan daerah, tokoh agama, hingga masyarakat sekitar.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai pembimbing, pembina, dan pengayom umat Muslim di Indonesia, juga mengeluarkan fatwa yang terkait dengan pandemi, sebagai langkah pendukung penanggulangan Covid-19 berdasarkan nilai-nilai Islam, termasuk pemulihan ekonomi melalui penerapan ekonomi syariah.

Dalam rangka memberi edukasi dan pemahaman bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kalimantan Timur mengenai hal tersebut, Sekretariat Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo bersama dengan MUI menyelenggarakan webinar bangkit dari Covid-19 dengan tema “Meningkatkan Peran Ekonomi Syariah dan Literasi Digital di Era Pandemi”, beberapa waktu lalu.

Acara ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Webinar dan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Ditjen IKP Kominfo, Official TVMUI, dan Facebook MUI.

Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Mabroer MS mengatakan MUI bersama Kemenkominfo memiliki 20 program literasi termasuk di Kalimantan Timur.

"Semua kegiatan ini dilakukan agar kesadaran masyarakat untuk mengikuti seruan vaksinasi dapat segera dioptimalkan," ujar dia.

Sementara, Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Ni’am Sholeh menjelaskan bahwa dalam membangun kerangka kesadaran masyarakat untuk menekan jumlah angka Covid-19, MUI sudah secara langsung mengoptimalkan informasi mengenai penanggulangan Covid-19 salah satunya dengan langkah vaksinasi.

Kemenkominfo bersama dengan MUI memberikan edukasi bangkit dari pandemi Covid-19 untuk masyarakat Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News