Kemenkum HAM Didesak Turunkan Tim

Kemenkum HAM Didesak Turunkan Tim
Kemenkum HAM Didesak Turunkan Tim

jpnn.com - JAKARTA - Kemenkum HAM didesak untuk segera melakukan penyelidikan atas dugaan penggunaan sabu-sabu secara bebas di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Bali.

Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy menerangkan beredarnya foto perempuan yang sedang menggunakan sabu di salah satu blok lapas tersebut meresahkan masyarakat, apalagi bertepatan dengan hari besar keagamaan.

"Kanwil Kemenkum HAM harus segera menurunkan tim untuk memeriksa kebenaran foto tersebut," ungkap Aboebakar, Jumat (25/10).

Bila terbukti, tegas Aboebakar, harus dilakukan penindakan yang tegas terhadap petugas lapas yang membiarkan hal itu terjadi. "Untuk kemudian kasus ini juga perlu di bawa ke ranah hukum, agar tidak menjadi kebiasaan," jelasnya.

Menurutnya, Kemenkum HAM perlu membuat kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dan Kementerian Kesehatan untuk membuat program rehabilitasi di lapas.

Sehingga pengguna narkoba di lapas tidak hanya menjalani pemidanaan, namun mereka juga melakukan proses terapi atau rehabilitasi dari ketergantungan narkoba.

"Sehingga ketika mereka keluar dari lapas sudah bersih, tidak lagi mengalami ketergantungan," ungkapnya.

Menurutnya, bila para pemakai ini hanya dipenjara saja tanpa ada proses secara medis tidak akan menyelesaikan persoalan. "Karena begitu mereka keluar dari lapas akan menjadi pemakai lagi," pungkas politisi Partai Keadilan Sejahtera ini. (boy/jpnn)

JAKARTA - Kemenkum HAM didesak untuk segera melakukan penyelidikan atas dugaan penggunaan sabu-sabu secara bebas di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News