KemenPAN-RB: Formasi CPNS 2018 Tidak Termasuk Tenaga Honorer

KemenPAN-RB: Formasi CPNS 2018 Tidak Termasuk Tenaga Honorer
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana menetapkan formasi CPNS 2018 pada awal Juni mendatang. Namun, dalam formasi ini tidak termasuk tenaga honorer.

“Kalau tidak meleset, awal Juni formasi CPNS 2018 ditetapkan. Namun tahapan seleksinya dilakukan pascapilkada,” kata Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja kepada JPNN, Selasa (29/5).

Menurut rencana penetapan formasi dilakukan serentak. Saat ini KemenPAN-RB masih menyelesaikan proses penetapan formasinya. Setiawan mengungkapkan, seharusnya akhir Mei penetapan formasi sudah dilakukan.

Namun, ada beberapa instansi yang belum selesai dalam menganalisa karena terbentur masalah administrasi. “Karena banyak yang tidak memenuhi jadwal jadi ya molor penetapannya," ucapnya.

Mengenai formasi untuk honorer, Setiawan mengungkapkan, tidak ada ada. Dengan alasan belum ada payung hukumnya.

"Mau tetapkan bagaimana bila payung hukumnya tidak ada. Kami bergerak sesuai aturan undang-undang," tegasnya.

Sebelumnya, MenPAN-RB Asman Abnur menyatakan pemerintah menyiapkan beberapa opsi untuk jumlah kuota CPNS 2018. Pertama, kuota 220 ribu, artinya mengganti jumlah PNS pensiun. Bila dana negara tidak cukup maka memakai opsi kedua dengan kuota 70 persen dari jumlah PNS yang pensiun.(esy/jpnn)


KemenPAN-RB berencana menetapkan formasi CPNS 2018 pada awal Juni mendatang. Namun, dalam formasi ini tidak termasuk tenaga honorer.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News