Kemenpar-AP I Gaungkan Indonesia Incorporated di KTM 2017

Kemenpar-AP I Gaungkan Indonesia Incorporated di KTM 2017
Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Kemenpar

jpnn.com, KUPANG - Semangat Indonesia Incorporated terus bergema di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kali ini giliran PT Angkasa Pura I (Pesero) yang merupakan operator bandara wilayah timur Indonesia itu mendukung pengembangan pariwisata NTT.

Itu setelah PT Angkasa Pura I yang dipimpin Danang S. Baskoro itu menggelar kegiatan focus group discussion (FGD) bertajuk Collaborative Destination Development (CDD). FGD yang mengusung tema besar Collaboration to Improve Tourism Industry in East Nusa Tenggara itu berbarengan dengan kegiatan Komodo Travel Mart (KTM) yang diselenggarakan pada 18 hingga 21 Oktober 2017 di Labuan Bajo.

Danang menyebut penggabungan penyelenggaraan kegiatan CDD dan Komodo Travel Mart merupakan tindak lanjut dari CDD  2016. Di mana, kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan lembaga-lembaga pariwisata di NTT merupakan poin penting dalam pengembangan pariwisata.

“Dengan digabungkannya penyelenggaraan dua kegiatan ini, diharapkan dapat membantu para agen wisata domestik dan internasional untuk membawa lebih banyak wisatawan datang ke NTT, terima kasih juga kepada Kementerian Pariwisata yang telah mendukung acara Komodo Travel Mart sehingga kita berkolaborasi untuk kemajuan pariwisata Labuan Bajo,” kata Danang seusai CDD di Swiss Bellin Kristal Hotel Kupang, Kamis (19/10).

Tidak hanya itu, PT Angkasa Pura I Cabang Bandara El Tari Kupang juga memberikan insentif bagi maskapai yang membuka rute penerbangan terjadwal atau scheduled flight baru dari dan ke Kupang. AP I, lanjut Danang, memberikan berbagai insentif kepada maskapai seperti menggratiskan landing fee selama 6 bulan bagi maskapai yang membuka rute scheduled flight baru ke dan dari Kupang.

“Selain itu, maskapai juga mendapatkan free pemasangan spanduk selama satu bulan di bandara untuk kepentingan promosi mereka dan inaugurasi gratis di bandara,” ujarnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti yang didampingi Kepala Bidang Wisata Perjalanan Insentif Kemenpar Hendri Karnoza juga mengucapkan terima kasih kepada Angkasa Pura I yang terus mengembangkan Indonesia Incoporated sesuai arahan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan mengemas Komodo Travel Mart. Esthy mengatakan, Komodo Travel Mart merupakan salah satu ajang tahunan ASITA dalam rangka mempertemukan para travel agent domestik dan internasional untuk dapat bekerja sama dan melakukan promosi paket perjalanan wisata di NTT.

Untuk makin meningkatkan dampak positifnya, sambung Esthy, ASITA dan Angkasa Pura I melakukan kolaborasi dengan menggabungkan acara CDD dan KTM. ” Kami juga mendukung pelaksanaan Post Tour ke Labuan Bajo dengan mempersiapkan para buyers untuk menjelajahi pulau-pulau yang ada di Labun Bajo. Tujuannya jelas, agar mereka menjual paket kita ke wisatawan mancanegara,”ujar Hendri Karnoza.

Semangat Indonesia Incorporated terus bergema di Labuan Bajo, NTT yang menjadi salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News