Kemenpar Targetkan 12 Juta Wisman, Begini Strateginya

Kemenpar Targetkan 12 Juta Wisman, Begini Strateginya
ILUSTRASI. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - BATAM - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan program kegiatan memfasilitasi pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang pariwisata di 34 provinsi. Selain itu,  Kemenpar juga melakukan pelatihan dasar pariwisata untuk 17.600 orang di seluruh Indonesia.

Upaya tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi wisatawan yang tahun ini menargetkan kedatangan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

“Pelatihan dasar pariwisata antara lain berupa pemberian pemahaman dan pelatihan penerapan Sapta Pesona (keamanan, ketertiban, kebersihan, kenyamanan, keindahan, keramahtamahan dan kenangan) bagi SDM pariwisata sebagai kunci utama dalam menciptakan pelayanan prima bagi wisatawan dalam rangka peningkatan daya saing,” kata Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (BPKK) Kemenpar Ahman Sya dalam rakornas SMK Pariwisata se Indonesia di Batam, Rabu (30/3).

Pemerintah telah menetapkan  sektor pariwisata sebagai leading sector karena industri jasa ini menghasilkan devisa dan menciptakan lapangan kerja yang besar. Tahun ini target pariwisata mendatangkan 12 juta wisman dan 260 juta pergerakan wisnus serta akan menghasilkan devisa sebesar Rp 172,8 triliun dan menyerapkan 11,7 juta tenaga kerja.(esy/jpnn)‎


BATAM - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan program kegiatan memfasilitasi pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang pariwisata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News