Kemenpora Kembali Gelorakan Gowes Jelajah Nusantara

Kemenpora Kembali Gelorakan Gowes Jelajah Nusantara
Menpora Imam Nahrawi. Foto: Egan/kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kemenpora kembali menggelorakan Gerakan "Ayo Bergerak!". Target meningkatkan kebugaran masyarakat diapungkan melalui Rapat Koordinasi Deputi Pembudayaan Olahraga di Jakarta pada 19-21 Juni.

Salah satu program yang menjadi andalan Kemenpora adalah Gowes Nusantara. Sebagai kampanye Ayo bergerak yang mengirinya, dilaksanakanlah Gowes Jelajah Nusantara.

Mengawali program tersebut, secara simbolis Menpora menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua Tim Gowes Jelajah.

Kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi ini sukses menggerakkan masyarakat agar mau berolahraga pada empat tahun terakhir. Dari data kebugaran masyarakat Indonesia yang hanya 15 persen dulunya, kini sudah bisa meningkat signifikan ke angka 21 persen.

BACA JUGA: Tiga Bocah Kakak Beradik Ditemukan Tewas Tenggelam di Kolam Berlumpur

Namun, jumlah itu masih minim, karena belum melebihi angka 50 persen. Karena itu, melalui titik lintas kabupaten/kota di Indonesia dengan program unggulan Gowes Nusantara sejak tahun 2017 yang lalu, kini 40 kabupaten/kota dari 34 provinsi terpilih akan menjadi titik-titik pelaksanaan Gowes Nusantara.

"Olahraga memiliki semangat sportivitas dan persatuan, tidak diskriminasi. Jika para pesepeda datang disambut di suatu daerah dan melambaikan tangan, pada hakikatnya selain kebanggaan juga mengajak ayo berolahraga dengan bersepeda, kita semua bersaudara, teruslah menuju prestasi demi martabat bangsa," ujar Menpora Imam.

Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta menyebutkan, Gowes Nusantara akan diikuti oleh 15 pegowes profesional. Mengambil start di Merauke, para pesepeda ini akan menjelajah Pulau Papua, kemudian ke Maluku dan lanjut ke Nusa Tenggara Timur.

Kemenpora kembali menggelorakan Gerakan "Ayo Bergerak!". Target meningkatkan kebugaran masyarakat diapungkan melalui Rapat Koordinasi Deputi Pembudayaan Olahraga di Jakarta pada 19-21 Juni.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News