Kemenpora: Naturalisasi Esra Butuh Proses Panjang

Kemenpora: Naturalisasi Esra Butuh Proses Panjang
Ezra Walian (tengah). Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Proses naturalisasi seorang pemain sepak bola menjadi Warga Negara Indonesia membutuhkan proses yang panjang.

Hal itu berlaku terhadap siapapun termasuk dengan pemain Ajax keturunan (Indonesia-Belanda), Esra Walian, yang ingin membela Timnas Indonesia.

"Kalau prosesnya memang lama, bisa enam bulan, bisa lebih, atau malah bisa cepat seperti Archandra Tahar," kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Bidang Komunikasi Publik Kemenpora, Minggu (1/1).

Melihat proses yang sudah-sudah, pemain yang cepat menjalani naturalisasinya Raphael Maitimo. Dia dalam hitungan pekan, sudah mampu menjadi WNI.

Selain Maitimo, ada juga pemain seperti Greg Nwokolo, Victor Ignobefo, dan Stefano Lilipaly. Mereka rata-rata membutuhkan waktu lebih dari tiga bulan untuk selesaikan naturalisasinya.

Di sisi lain, Ezra menegaskan dirinya sangat ingin menjadi WNI dan memperkuat Timnas Indonesia sesegera mungkin.

Sebagai keturunan Indonesia, dirinya terpikat dengan antusiasme penonton, semangat, dan motivasi penggawa Timnas saat AFF 2016 lalu.

"Saya sangat ingin dan siap untuk memperkuat Timnas Indonesia. Saya ingin mendapatkan kesempatan tersebut untuk event terdekat," ujarnya.

JPNN.com - Proses naturalisasi seorang pemain sepak bola menjadi Warga Negara Indonesia membutuhkan proses yang panjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News