Layakkah Ezra Walian Dinaturalisasi?

Layakkah Ezra Walian Dinaturalisasi?
Ezra Walian (kiri) dan Leo Alberto saat di Lapangan Cijantung, Jakarta. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JPNN.com- Ezra Walian ngebet berkostum Timnas Indonesia. Ada beberapa fakta yang bisa membuatnya layak berkostum Timnas.

Tapi juga ada fakta yang menunjukkan kualitasnya bisa saja masih kalah dengan pemain yang ada di Indonesia saat ini, meski tak pernah memperkuat tim muda Oranye.

1. Pernah Memperkuat Timnas U-17 Belanda

Pemain berdarah Manado-Belanda itu memiliki caps atau pertandingan bersama timnas Belanda U-17. Namun, caps-nya tak begitu banyak, hanya dua laga. Itupun sebagai pemain pengganti, bukan pemai inti. Namun, dalam salah satu laga melawan San Marino, tim terlemah di Eropa, dia mampu mencetak lima gol meski baru masuk sebagai pemain pengganti menit ke-40.

2. Berposisi Sama dengan Stok Pemain Bagus di Indonesia

Ezra saat ini memperkuat Jong Ajax Amterdam atau Ajax II di Eerste Divisie, kompetisi kasta kedua Belanda. Dia berposisi sebagai striker tunggal, ataupun striker sayap. Melihat posisi mainnya saat ini, dia lebih banyak turun di posisi striker sayap, atau wing. Posisi tersebut seperti posisi kebanyakan pemain yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan kaki kanan, bisa saja dia masih kalah cepat dengan pemain U-19 yang saat ini banyak dimiliki klub Indonesia.

3. Bermain di Eropa, Klub Bakal Sulit Melepas

Seperti yang sudah-sudah, permasalahan pemanggilan pemain ke Timnas saat pemain tersebut merumput di Eropa kerap terjadi. Ini yang pernah dialami Stefano Lilipaly, yang enggan melepas pemainnya ke skuat Garuda saat SEA Games 2013 lalu. Itu juga sempat dialami saat masa persiapan Timnas, pada piala AFF 2014 dan 2016 lalu.

JPNN.com- Ezra Walian ngebet berkostum Timnas Indonesia. Ada beberapa fakta yang bisa membuatnya layak berkostum Timnas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News