Sambut Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020

Kemenpora Umumkan Tiga Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020

Kemenpora Umumkan Tiga Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020
Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020 Kemenpora dari berbagai daerah. Foto: Kemenpora for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengumumkan tiga pemenang ajang pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi tahun 2020, di Jakarta pada Sabtu malam (24/10). Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020.

Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi adalah akumulasi dari semangat pemuda dalam mengembangkan potensi diri, guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah dengan dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawanan.

Para pemuda diharapkan bisa mengubah perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas, dan dilaksanakan secara konsisten, menginspirasi bagi lingkungan sosial masyarakat serta diakui oleh berbagai pihak.

Ketiga pemenang Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi yang diumumkan Kemenpora telah proses pemilihan dan seleksi yang cukup ketat.

Ketiganya adanya Sulthan Alfathir & Anik Haryanti asal Jawa Timur terpilih sebagai juara pertama. Mereka diberikan uang pembinaan sebesar Rp 25 juta. Juara pasangan muda terpilih yakni Erwin Dwi Nurpermadi & Ana asal Jawa Tengah (Rp 20 juta), dan peringkat ketiga asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad War'i & Finayatul Maula (Rp 15 juta).

Pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi diharapkan mampu menjadikan pemuda sebagai sosok yang menginspirasi bagi lingkungan sosial masyarakat, memiliki semangat yang konsisten dalam berkarya, dan mampu memecahkan berbagai masalah kebangsaan dan ke Indonesiaan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora sekaligus Ketua Pelaksana Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Asrorun Niam Sholeh menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ikhtiar dari Kemenpora untuk melakukan penguatan, dan pengembangan kepemimpinan di kalanangan kaum muda, khusus kepemimpinan berbasis keluarga.

"Pada hakekatnya keluarga adalah entitas terkecil dari pembentuk suatu komunitas masyarakat. Ketika kepemimpinan di level yang terkecil memiliki kekuatan dan ketahanan, memiliki inspirasi untuk kepentingan peergroup (komunitas) diharapkan akan muncul kekuatan ketahanan di tingkat nasional," ucap Niam.

Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020 berasal dari Jatim, Jateng dan NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News