Kemensos Bantu Renovasi Rumah Jadi e-Warong Sebegini

Kemensos Bantu Renovasi Rumah Jadi e-Warong Sebegini
Mensos Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan salah satu e-Warong beberapa waktu lalu. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Hasyimah mengatakan keberadaan e-Warong bisa menekan angka kemiskinan di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Warung yang dikelola Kelompok Usaha Bersama (KUBe) ini terdiri dari mereka yang mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Dengan e-Warong mereka bisa memeroleh keuntungan dari penjualan kebutuhan pokok yang disediakan.

Untuk modal awal, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan renovasi rumah menjadi e-Warong sebesar Rp 20 juta.

"Saat ini sudah masuk 15 proposal terkait pembanguna e-Warong," kata Hasyimah seperti diberitakan Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Rumah yang sudah ditunjuk akan direnovasi, agar bisa melayani penerima bantuan dalam menukarkan dalam bentuk barang kebutuhan seperti gula, beras, dan lainnya.

Masing-masing pengelola e-Warong untuk saat ini hanya menjual beras dan gula. Beras dengan keuntungan Rp 300 per kilogramnya, sedangkan untuk gula Rp 200 per kilogramnya.

"Usaha ini akan berkembang, dan menjadikan pengelola semakin mandiri, dengan harapan ke depannya mereka tidak lagi bergantung dengan bantuan dan bisa membangun usaha sendiri," jelas perempuan yang pernah menjabat Kepala Bidang PLS, Dinas Pendidikan Kota Batam ini.

 Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Hasyimah mengatakan keberadaan e-Warong bisa menekan angka kemiskinan di Kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News