Kemensos Gandeng Pertamina Lubricants Untuk Program Inkubasi Kewirausahaan

Kemensos Gandeng Pertamina Lubricants Untuk Program Inkubasi Kewirausahaan
Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat menyaksikan peluncuran program pelatihan dasar otomotif dan branding Bengkel Luhur Motor secara virtual. Foto: dok Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Pangudi Luhur menjalin kerja sama dengan Pertamina Lubricants untuk menjalankan sejumlah program guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun program yang dijalankan yakni pelatihan dasar otomotif dan branding Bengkel Luhur Motor, penanaman dan pembibitan taman anggur oleh corporate social responsibility (CSR) Cortezian Indonesia (CI), dan pengelolaan sampah oleh Yayasan Kumala yang berbasis masyarakat sebagai Inkubasi Usaha Kemandirian.

Kegiatan ini diluncurkan secara langsung di area Instalasi Produksi Balai Pangudi Luhur disaksikan secara virtual oleh Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Senior Officer CST PT. Pertamina Lubricants serta pimpinan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) pada Jumat (2/10).

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat menyambut baik kerja sama ini sebagai wujud kolaborasi antarpihak dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat dan LKS agar selalu memberikan penguatan dan pendampingan kepada penerima manfaat.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para penerima manfaat dapat memiliki daya juang yang lebih untuk berkompetisi dengan bengkel-bengkel yang sudah berdiri. Bahkan bila memungkinkan mereka membuka bengkel rumahan apabila keterampilan-keterampilan yang dimiliki sudah mumpuni,” kata Harry.

Hal ini sejalan dengan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan atau residensial secara dinamis, integrative, dan komplementari.

Harry menuturkan, para pekerja sosial harus bekerja sama dengan teknisi dalam hal ini lebih meningkatkan melaksanakan character building, service excellent, dan strenghten mentality.

"Di samping para instruktur memberikan teknik-teknik otomotif yang sesuai dengan kebutuhan saat ini, misalnya perbaikan mesin motor yang matic, sehingga kelak penerima manfaat mampu diterima di bengkel-bengkel resmi,” terang Harry.

Kemensos bekerja sama dengan Pertamina Lubricants untuk melakukan sejumlah program pelatihan kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News