Kemensos Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Komunitas Penyandang Disabilitas

Kemensos Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Komunitas Penyandang Disabilitas
Sekjen Kemensos Hartono Laras memberikan sambutan di acara jamuan makan malam. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar jamuan makan malam bersama sejumlah komunitas penyandang disabilitas dan perwakilan sejumlah kementerian, di Gedung Aneka Bhakti, Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember nanti.

Selain jamuan makan malam, kegiatan diisi talk show yang membahas PP 52 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas, serta PP 70 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan dan Evaluasi Terhadap Penghormatan, Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Sekjen Kemensos Hartono Laras mengatakan, pihaknya terus berusaha memberikan dukungan untuk mendorong upaya mewujudkan penghormatan, pemajuan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Seperti telah dipahami bersama bahwa kita memiliki kerangka regulasi pemenuhan hak penyandang disabilitas mulai dari tingkat internasional, regional dan nasional. Ratifikasi Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas pada tahun 2016 oleh PBB diimplementasikan melalui berbagai aktifitas diberbagai negara,” ujar Hartono dalam sambutannya, Kamis (28/11).

Hartono menambahkan, sebagai tindak lanjutnya, pemerintah dari negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik mengadakan pertemuan dan telah mengadopsi Deklarasi Menteri-Menteri tentang Dasawarsa Penyandang Disabilitas di Asia dan Pasifik periode 2013-2022.

“Kemudian Strategi Incheon untuk mewujudkan hak bagi penyandang disabilitas di Asia dan Pasifik dengan slogan “Make a Right Real”. Pertemuan itu membuktikan komitmen negara Asia Pasifik dalam percepatan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” tandas Hartono. (cuy/jpnn)

Kegiatan Kemensos ini digelar dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember nanti.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News