Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI Bagi Penyandang Disabilitas di Sumatera Utara

Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI Bagi Penyandang Disabilitas di Sumatera Utara
Kementerian Sosial melalui Balai Besar "Kartini" di Temanggung terus menjangkau penyandang disabilitas di berbagai wilayah di Indonesia. Foto: Kemensos

jpnn.com, KARO - Kementerian Sosial melalui Balai Besar "Kartini" di Temanggung terus menjangkau penyandang disabilitas di berbagai wilayah di Indonesia.

Kali ini, layanan dan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) disalurkan kepada penyandang disabilitas di Provinsi Sumatera Utara.

“Ada dua kabupaten yang kami sasar untuk penyaluran bantuan yaitu Kabupaten Karo dan Humbang Hasundutan,” kata Kepala Balai Besar "Kartini" Temanggung, Juena Sitepu saat menyerahkan bantuan di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kamis (24/6).

Juena mengatakan terdapat 85 penerima manfaat mendapat bantuan di Kabupaten Karo.

Dia memerinci sebanyak 30 orang yang dibina oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Alpha Omega di Kecamatan Kabanjahe mendapat bantuan sosial sebesar Rp 107 juta untuk pengembangan kewirausahaan.

Mereka mendapatkan ternak sapi dan biri-biri, pembuatan alat pel, keterampilan akrilik, menjahit, serta pertanian sederhana.

Sementara sebanyak 52 penyandang disabilitas penerima manfaat layanan ATENSI berbasis keluarga akan diberikan bantuan kewirausahaan yang akan dipergunakan untuk modal usaha beternak ayam, kambing, pengadaan keyboard, usaha pembuatan peyek, perlengkapan sekolah, sembako, sepeda motor Viar, kaki palsu adaptif, kursi roda, dan fisioterapi.

Bantuan kewirausahaan lainnya juga diberikan kepada 20 penerima manfaat ATENSI berbasis keluarga di Kabupaten Humbang Hasundutan sebesar Rp 100 juta, yang akan digunakan untuk untuk usaha beternak ayam, usaha warung kelontong, dan gas LPG.

Kementerian Sosial melalui Balai Besar "Kartini" di Temanggung terus menjangkau penyandang disabilitas di berbagai wilayah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News