Kemensos Sediakan Logistik Pencarian Korban Kapal di Toba

Kemensos Sediakan Logistik Pencarian Korban Kapal di Toba
Dapur umum di lokasi tenggelamnya kapal di danau Toba. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial memastikan ketersediaan logistik untuk pencarian korban tenggelamnya KM. Sinar Bangun.

"Presiden memerintahkan untuk memastikan bahwa logistik untuk pencarian korban akibat musibah kapal tenggelam cukup tersedia," kata Direktur Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI Harry Hikmat dalam siaran tertulisnya, Sabtu (23/6).

Menurut Harry, Jumat (22/6) pagi, tim Kemensos yang dipimpin Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Margowiyono telah tiba di lokasi untuk melakukan assesmen kebutuhan logistik.

Bersama Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Kemensos telah membuka dapur umum untuk menyiapkan kebutuhan makanan bagi keluarga korban yang datang dari berbagai daerah.

"Sebanyak 50 anggota Tagana dari Kabupaten Binjai, Kabupaten Siantar dan Kabuparen Simalungun bekerja selama 24 jam dengan sistem shift," lanjut Harry.

Selain itu, lanjut Harry, pihaknya juga mengerahkan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kabupaten Simalungun sebanyak 21 orang untuk membantu dapur umum.

Kepala Dinas Sosial Simalungun Frans Toga Torop mengatakan bahwa dapur umum menyediakan makan bagi relawan, petugas rescue dan keluarga korban yang menunggu di Tiga Ras.

"Setiap hari, kami menyediakan antara 800 sampai 1.200 bungkus tergantung dari situasi. Makanan disajikan sebanyak tiga kali sehari," lanjut Frans.

Sebanyak 50 anggota Tagana dari Kabupaten Binjai, Kabupaten Siantar dan Kabuparen Simalungun bekerja selama 24 jam dengan sistem shift.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News