Kemensos Serahkan Bantuan Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal di Kabupaten Kuningan

Kemensos Serahkan Bantuan Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal di Kabupaten Kuningan
Penasihat DWP Kemensos Grace Batubara didampingi Direktur PSKBS Sunarti saat penyerahan bantuan di Kabupaten Kuningan, Jabar, Rabu (4/11). Foto: Humas Kemensos RI.

jpnn.com, KUNINGAN - Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) menyalurkan bantuan Program Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal untuk Kabupaten Kuningan, Jawa Barat para Rabu (4/11).

Direktur PSKBS Sunarti bersama Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sosial (DWP Kemensos) Grace Batubara menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 4 Forum Keserasian Sosial (FKS), dan 2 Sanggar Seni di Kantor Desa Sindangjawa, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan.

Bantuan yang diberikan untuk Kabupaten Kuningan senilai Rp 700 juta dengan rincian, Rp 600 juta Bantuan Keserasian Sosial masing-masing Rp 150 juta di 4 desa, yaitu Desa Tinggar, Ciniru, Danalampah, dan Desa Tajurbuntu.

Untuk Bantuan Kearifan Lokal diberikan senilai Rp 100 juta dengan rincian masing-masing Rp 50 juta untuk 2 Sanggar Seni, yaitu Sanggar Seni di Desa Sindangjawa dan Desa Ciwaru.

"Berdasarkan Data Direktorat PSKBS, pada tahun anggaran 2020 untuk Provinsi Jawa Barat terdapat 42 desa, kelurahan mendapatkan bantuan Keserasian Sosial dan 35 sanggar seni mendapatkan bantuan Kearifan Lokal," ucap Sunarti.

Sedangkan secara keseluruhan, Kemensos memberikan program Bantuan Keserasian Sosial untuk 350 desa, dan Bantuan Kearifan Lokal untuk 300 Sanggar Seni di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada komponen pembangunan dalam Bantuan Keserasian Sosial mencakup dialog, pembangunan sarana prasarana publik, pembangunan tugu keserasian sosial, dan biaya operasional FKS.

Sedangkan untuk komponen pembangunan dalam Bantuan Kearifan Lokal antara lain diperuntukkan pembelian alat musik tradisional/kostum/perlengkapan kesenian, biaya pementasan, dan biaya operasional sanggar.

Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat gotong royong, mencegah konflik dan bencana sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News