Kemensos Telah Realisasikan Santunan Kematian untuk 108 Ahli Waris Korban Gempa Sulbar

Kemensos Telah Realisasikan Santunan Kematian untuk 108 Ahli Waris Korban Gempa Sulbar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi lokasi gempa bumi di Sulbar. Foto: Humas Kemensos.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) telah menyalurkan santunan kematian kepada 108 ahli waris korban bencana gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Kemensos menyatakan berdasar data dari pemerintah daerah, total santunan untuk 108 ahli waris yang telah disalurkan mencapai Rp 1.620.000.000. Perinciannya dari Kabupaten Majene 13, dan Kabupaten Mamuju 95, dengan nilai santunan Rp 15 juta per jiwa.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Sosial Tri Rismaharini secara simbolis telah menyerahkan santunan untuk ahli waris korban bencana gempa bumi itu pada 28 Januari 2021 di Sulbar.

“Kemensos bekerja sama dengan PT Bank Mandiri menyalurkan santunan melalui mekanisme non tunai. Dengan demikian, diharapkan penyaluran santunan tepat sasaran dan tepat jumlah kepada penerima manfaat,” kata Plh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Rachmat Koesnadi, di Jakarta (25/02).

Menurut Rachmat, selama fase tanggap darurat, Kemensos bersama Dinas Sosial setempat telah melakukan beberapa langkah.

Ia menyebutkan langkah itu antara lain dengan melakukan pendistribusian logistik untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana alam.

Kemensos juga melakukan pengerahan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk pelayanan dapur umum lapangan guna pemenuhan kebutuhan permakanan bagi masyarakat terdampak bencana.

Selain itu, Kemensos juga melakukan intervensi layanan dukungan psikososial untuk mengurangi dampak trauma pada korban.

“Serta mengidentifikasi ahli waris korban bencana gempa bumi yang meninggal dunia untuk rencana pemberian santunan duka,” katanya.

Total nilai santunan kematin untuk 108 ahli waris korban bencana alam gempa bumi Majene dan Mamuju, Sulbar, yang telah disalurkan Kemensos mencapai Rp 1.620.000.000.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News