Kementan Bakal Jalankan 5 Program untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi

Kementan Bakal Jalankan 5 Program untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meninjau kawasan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara pada Selasa (23/3/2021). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) bakal menjalankan lima program prioritas dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional pada 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI, Senin (24/5) siang.

"Rencana kerja pemerintah (RKP) pada tahun 2022 mengusung tema pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Untuk itu, kami merancang program dalam rangka mendukung upaya tersebut," kata Kasdi.

Menurut dia, di antara yang akan dijalankan itu merupakan program spesifik, yaitu program yang merupakan teknis dan berfokus pada anggaran Kementan.

“Untuk program spesifik, kami akan menjalankan program ketersediaan, akses, dan konsumsi pangan berkualitas,” sebut Kasdi.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketersediaan, akses, dan konsumsi pangan berkualitas, Kementan akan menjaga keberlanjutan peningkatan produksi komoditas prioritas.

Untuk tiap subsektor, Kementan telah memetakan sejumlah komoditas prioritas.

"Kami akan melakukan pengembangan diversifikasi pangan lokal, menguatkan rantai pasok dan logistik pangan, penguatan food estate dan korporasi petani, mengembangkan smart farming, serta meningkatkan ekspor produk pertanian," tutur Kasdi.

Program prioritas itu dirancang Kementan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pada 2022 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News