Respons Andi Akmal Terkait Pergantian Dirjen PSP Kementan, Begini Kalimatnya

Respons Andi Akmal Terkait Pergantian Dirjen PSP Kementan, Begini Kalimatnya
Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengucapkan selamat kepada Ali Jamil sebagai Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Karantina Pertanian (Baratan).

Penunjukan Ali Jamil sebagai Dirjen PSP oleh Mentan atas persetujuan Presiden RI diharapkan dapat memperkuat Kementan dalam pengelolaan manajemen prasarana dan sarana pertanian yang selama ini sangat besar porsi anggaran dalam pengelolaannya.

Akmal melihat pergantian Dirjen di tengah jalan ini agak berisiko terhadap kinerja Kementan secara keseluruhan. Hal ini disebabkan di samping perlu kemampuan adaptasi yang sangat cepat, juga kemampuan kepemimpinan di PSP untuk mengelola dan membuat strategi penunjang peningkatan produksi pertanian secara nasional.

“Saya berharap ada kemajuan dengan adanya pergantian dirjen ini meski dilakukan di tengah perjalanan periode kepemimpinan di Kementan,” ujar Akmal dalam siaran pers pada Minggu (23/5).

Akmal mengingatkan saat ini Kementan masih dihadapkan pada tantangan yang begitu berat dalam mewujudkan swasembada pangan. Di samping adanya pandemi yang menghantam perekonomian nasional, yang berdampak pada hampir seluruh rakyat Indonesia terutama pelaku ekonomi mikro hingga menengah, juga regulasi negara ini akan keberpihakan pada kebijakan pertanian masih sangat nanggung.

Menurut Akmal, kebijakan negara Indonesia ini akan keberpihakan sektor pertanian sangat nanggung dimulai dari proporsi penganggaran, kebijakan tata niaga pangan yang cenderung mengarah impor, hingga masih lemahnya kemampuan riset yang ujungnya diterima atau diimplementasi sebagai kebijakan.

“Semua serba nanggung sehingga siapa pun pemegang tampuk kepemimpinan yang mengelola persoalan pangan di negeri ini akan mendapat tantangan berat,”  ucap Akmal.

Legislator asal Sulawesi Selatan ini juga meyakini, berkaitan dengan kemampuan dirjen baru yang juga berasal dari eselon yang setara, yakni eselon 1 Kementan.

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin merespons penunjukan Ali Jamil sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News