JPNN.com

Kementan Beri Bantuan Alsintan Untuk 11 Poktan di Lampung Selatan

Jumat, 18 September 2020 – 14:49 WIB
Kementan Beri Bantuan Alsintan Untuk 11 Poktan di Lampung Selatan - JPNN.com
Petani melakukan panen padi menggunakan alsintan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk 11 kelompok tani atau Poktan di 5 kecamatan di Lampung Selatan (Lamsel).

Bantuan yang diberikan Kementan terdiri dari  traktor roda dua, serta pompa air khusus untuk 2 poktan. Hal ini bertujuan untuk mendukung produktivitas pertanian di Lamsel.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa mekanisasi sudah harus diterapkan di sektor pertanian.

“Untuk menuju pertanian yang maju, mandiri dan modern, mau tidak mau mekanisasi harus diterapkan. Petani harus membiasakan diri memanfaatkan alsintan dalam beraktivitas. Sebab, alsintan bisa mendukung peningkatan produksi,” kata Mentan SYL, Jumat (18/9).

Sementara itu Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menjelaskan kenapa mekanisasi pertanian sebagaimana disampaikan Menteri SYL itu penting.

“Alsintan itu ramah buat petani, dan bisa membantu petani dalam melakukan proses pertanian dari hulu sampai hilir. Dengan alsintan, proses pertanian akan jauh lebih cepat dan efisien,” ucapnya.

Sebagai contoh, kata Edhy, traktor roda 2 yang diberikan ke poktan bisa membuat proses olah lahan hanya berlangsung beberapa jam saja dengan satu orang operator. Biaya produksi pun jauh lebih hemat.

“Tapi dengan cara konvensional, proses pengolahan lahan bisa berlangsung hingga berhari-hari dengan membutuhkan banyak tenaga,” kata Edhy.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra