Kementan Bocorkan Kunci Pacu Produktivitas Sayuran Daun, Petani Wajib Tahu

Kementan Bocorkan Kunci Pacu Produktivitas Sayuran Daun, Petani Wajib Tahu
Direktorat Jenderal Hortikultura menyatakan terus mengawal kesejahteraan petani salah satunya dengan bimbingan teknis (bimtek). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Hortikultura menyatakan terus mengawal kesejahteraan petani salah satunya dengan bimbingan teknis (bimtek).

Hal itu sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang meminta jajarannya untuk terus melakukan bimbingan dan pendampingan kepada para petani dan penyuluh pertanian di Indonesia, walaupun sedang berada di kondisi pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa bimtek Hortikultura bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan produktivitas pada kampung hortikultura.

Pada bimtek kali ini difokuskan pada kampung sayuran daun. Ditjen Hortikultura menggelar bimtek bertajuk Penggunaan Pembenah Tanah Organik Cair (PTOC) dalam Meningkatkan Produktivitas Sayuran Daun, secara daring melalui Zoom Meeting.

"Hingga akhir 2021, ditargetkan ada 230 hektare kampung sayuran daun yang siap dikembangkan di 12 provinsi di Indonesia," beber Prihasto dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (2/8).

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Tommy Nugraha menyampaikan bahwa kampung sayuran diharapkan mampu meningkatkan kesehatan tanaman, produktivitas, dan pendapatan petani.

Untuk mendukung peningkatan dan kualitas produksi komoditas di kampung sayuran daun, diperlukan perbaikan sifat fisik dan kimia tanah sebagai media tanam, salah satunya dengan penggunaan PTOC.

Perbaikan ini diharapkan akan mampu memperbaiki kesehatan lahan, meningkatkan ketersediaan bahan organik untuk tanaman, hasil panen petani lebih berkualitas dan efisiensi dalam biaya produksi.

Direktorat Jenderal Hortikultura menyatakan terus mengawal kesejahteraan petani salah satunya dengan bimbingan teknis (bimtek).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News