Kementan Bocorkan Kunci Sukses Berkebun Nanas, Petani Wajib Tahu

Kementan Bocorkan Kunci Sukses Berkebun Nanas, Petani Wajib Tahu
Kementan bocorkan kunci sukses budi daya nanas. Foto: Hortikultura

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto membeberkan kunci sukses berkebun nanas melalui bimtek Sukses Budi Daya Nanas Pemasok Pasar Modern.

Menurutnya, bimbingan teknik tersebut merupakan tindaklanjuti arahan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang diadakan secara daring dan rutin hingga akhir 2021.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian untuk tidak berhenti mendampingi petani, petugas, dan penggiat pertanian meskipun sedang ada pembatasan kegiatan masyarakat.

Saat membuka bimtek Direktur Buah dan Florikultura Liferdi Lukman menyampaikan bimtek yang diselenggarakan sampai akhir tahun ini membahas mengenai komoditas yang sedang dan akan dikembangkan untuk Kampung Hortikultura.

Tujuannya yakni untuk memberikan pemahaman kepada para petani dan petugas lapangan agar program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

“Kami berharap bimtek ini dapat menjadi pencerahan bagi semua yang mengikuti kegiatan ini, sehingga nenas yang dihasilkan dapat baik secara produksi maupun kualitas dari waktu ke waktu,” ujar Liferdi.

Liferdi melanjutkan melihat produksi buah dari 2000 hingga 2020, rata-rata pertumbuhan produksi mencapai 7,6 persen dan buah nanas menempati urutan ke-4 dengan jumlah sekitar 2,4 juta ton per tahun.

Pada akhir 2021, produksi nanas diharapkan dapat naik menjadi 2,51 juta ton dan konsumsinya juga mencapai standar 73 kg per kapita per tahun.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto membeberkan kunci sukses berkebun nanas melalui bimtek Sukses Budi Daya Nanas Pemasok Pasar Modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News