Kementan dan Kemenko Marves Bergerak Bersama Kawal Pengembangan Food Estate Humbahas

Kementan dan Kemenko Marves Bergerak Bersama Kawal Pengembangan Food Estate Humbahas
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri) menerima kunjungan Staf Khusus Kemenko Marves, yakni Lambock V Nahattands, Hernando Wahyono, dan Nina Hendiarti, serta Bupati Humbas Dosman Banjarnahor guna membahas kelanjutan pengembangan Food Estate di Humbahas, Senin (20/11). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bergerak bersama mengawal pengembangan Food Estate di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Selatan.

Terkait hal itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan Staf Khusus Kemenko Marves, yakni Lambock V Nahattands, Hernando Wahyono, dan Nina Hendiarti, serta Bupati Humbas Dosman Banjarnahor guna membahas kelanjutan pengembangan Food Estate di Humbahas. 

Food Estate Humbahas telah diolah sejak 2022 dan berfokus pada tanaman hortikultura, seperti bawang merah, bawang putih, kentang, kubis, dan cabai. 

Pada Juni 2023, total akumulasi luas tanam di Food Estate Humbahas telah mencapai 482,84 hektare.

“Kami akan melanjutkan pembangunan Food Estate. Tim ahli pertanian akan turun besok bersama dengan tim Menko Marves untuk meninjau lapangan. Nanti mereka kembali memberitahu hasilnya apa, kemudian kebijakan apa yang harus kami ambil supaya bisa lebih cepat produksi,” kata Mentan Amran usai pertemuan tersebut di Kantor Pusat Kementan, Senin (20/11).

Menurut data Pemkab Humbahas, total produksi Food Estate Kabupaten Humbang Hasundutan telah mencapai 392 ton kentang dan 165 ton bawang merah, kubis sebesar 294 ton, cabai sebesar 271 ton, jagung sebesar 93 ton, tomat sebesar 26 ton, dan bawang putih sebesar 13 ton. 

Saat ini, kata Amran, Kementan, Kemenko Marves dan Pemkab Humbahas akan fokus untuk mengembangkan komoditas cabai untuk produksi secara masif di Food Estate Humbahas. 

“Rencananya tanam cabai. Nanti kami akan disuplai lahan 100 sampai 200 hektare. Sementara itu, bibit tanaman akan diberikan gratis oleh Kementerian Pertanian,” kata Mentan Amran.

Mentan Amran meyakini kerja sama Kementan dan Kemenko Marves akan menyukseskan pengembangan Food Estate di Humbahas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News