Kementan Dorong Replikasi Program Andalan di OKU Selatan

Kementan Dorong Replikasi Program Andalan di OKU Selatan
Kementan mendorong replikasi program andalan di Kabupaten Oku Selatan. Foto: Kementan

jpnn.com, OKU SELATAN - Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan kapasitas pengembangan SDM pertaniannya melalui program-program andalan, di antaranya melalui Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Program IPDMIP bertujuan untuk bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang mengedepankan kemajuan sektor pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

"Pada pelaksanaannya, proses pembelajaran dimaksud disampaikan oleh penyuluh pertanian kepada petani melalui Sekolah Lapang (SL) dengan berbagai metode penyuluhan pertanian lainnya. Diantaranya melalui demonstrasi alat, penyuluhan pertanian antar desa, pertemuan bulanan, pelatihan dan lainnya," ujar Mentan Syahrul.

Syahrul menekankan kembali bahwa IPDMIP berhasil menyakinkan petani dalam hal penerapan teknologi yang direkomendasikan. Seperti teknik bertanam dengan metode jajar legowo yang disempurnakan dengan penggunaan benih berkualitas, pestisida hayati, penerapan teknik pemupukan ramah lingkungan.

"Selain itu, juga ada pemupukan berimbang dan teknik irigasi teknologi yang diterapkan tersebut telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas usahatani padi," ucapnya.

Terpisah Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa Program IPDMIP yang berkahir pada September 2023 ini, bertujuan untuk mewujudkan peningkatan provitas dan kesejahteraan petani.

Program IPDMIP berhasil menyakinkan petani dalam hal penerapan teknologi yang direkomendasikan. Seperti teknik tanam dengan metode jajar legowo yang dikombinasikan dengan penggunaan benih bermutu dan bersertifikat, pestisida hayati, penerapan teknik pemupukan berimbang.

"Selain itu juga ada teknik irigasi berselang yang diterapkan telah terbukti dapat meningkatkan provitas tanaman padi," ujarnya.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo menyampaikan terima kasih atas hibah yang diberikan oleh Kementan melalui program IPDMIP dan lewat APBN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News