Kementan Gugah Semangat Juang Penyuluh Pertanian Sediakan Pangan Nasional

Kementan Gugah Semangat Juang Penyuluh Pertanian Sediakan Pangan Nasional
Ngobrol Asyik (Ngobras) Penyuluhan Volume 35 yang bertemakan "Strategi Ketersediaan Pangan Nasional" di Bogor, Selasa (5/9). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementan terus meningkatkan peran dan fungsi serta semangat penyuluh pertanian dalam strategi ketersediaan pangan nasional, terutama menghadapi El Nino.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo selalu mengatakan bahwa penyuluh pertanian adalah pejuang yang berada di garda terdepan dalam meningkatkan produktivitas pertanian saat musim kemarau panjang atau El Nino 2023.

"Penyuluh pertanian lapangan adalah “Kopassusnya” petani yang harus menyebar ke semua desa dan mulai menghidupi petani secara mandiri melalui kelembagaan ekonomi," ujar Mentan Syahrul.

Mentan juga meminta agar penyuluh selalu mengupgrade kemampuan dan pengetahuan.

"Jadilah penyuluh yang hebat dan luar biasa agar bisa membantu menjaga pangan dari ancaman El Nino dan krisis pangan global," tegasnya.

Menindaklajuti arahan Mentan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa penyediaan pangan berasal dari produksi.

"Kementan sudah mencanangkan pemenuhan produksi pangan melalui cara bertindak 1-5. Peningkatan kapasitas SDM menjadi bagian," ujar Dedi pada acara Ngobrol Asyik (Ngobras) Penyuluhan Volume 35 yang bertemakan "Strategi Ketersediaan Pangan Nasional" di Bogor, Selasa (5/9).

Terkait ketersediaan Pangan, Kabadan Dedi menekankan agar lumbung pangan mulai dari tingkat provinsi hingga desa dipastikan ketersediaannya.

Kementan meningkatkan peran dan fungsi serta semangat penyuluh pertanian dalam strategi ketersediaan pangan nasional, terutama menghadapi El Nino.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News