Kementan Gelar Operasi Pasar Murah, 29 Ton Bawang Putih Dilepas ke Pedagang

Kementan Gelar Operasi Pasar Murah, 29 Ton Bawang Putih Dilepas ke Pedagang
Mentan Amran Sulaiman dalam operasi pasar bawang putih bersama Wakapolri. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian pertanian bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Induk Kramatjati, Rabu (17/5) pagi.

Dalam acara tersebut, sebanyak 29 ton bawang putih dilepas ke pedagang di pasar dengan harga cukup murah, Rp 25 ribu.

Menurut Mentan Amran Sulaiman, langkah ini sengaja dilakukan oleh pihaknya untuk menekan harga di pasaran yang menggila.

"Kalau dijual segitu, setidaknya harga pedagang besar bawang putih Rp 25 ribu, di pasaran tidak boleh lebih dari 30 ribu," katanya, setelah meresmikan operasi pasar.

Amran menjelaskan operasi pasar ini terlaksana dengan melibatkan PT Citra Gemini Mulia, yang ditunjuk sebagai importir. Bawang putih tersebut didatangkan dari Tiongkok dengan tingkat kekeringan mencapai 89 persen.

"Dengan operasi ini, kami harapkan harga bisa stabil. Jangan ada lagi harg bawang putih, lebih dari kesepakatan," ungkapnya.

Ini bukanlah operasi pasar terakhir, pantauan JPNN, di lokasi ada dua container besar diparkir untuk melayani pasar.

"nanti ada lagi lebih dari 18 container, saya maunya bisa lebih," ucap Amran disanggupi oleh Pieco, owner PT Citra Gemini Mulia. (dkk/jpnn)

Kementerian pertanian bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Induk Kramatjati, Rabu (17/5) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News