Kementan Kembangkan LM3 Model

Kementan Kembangkan LM3 Model
Kementan Kembangkan LM3 Model
CIKAMPEK - Untuk meningkatkan sektor agribisnis, Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan kapasitas kelembagaan LM3 (Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat) melalui Pengembangan LM3 Model.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Ato Suprapto, LM3 Model adalah LM3 unggulan yang memiliki potensi untuk menjadi Pusat Informasi dan Pembelajaran dalam pengembangan agribisnis (centre of excelence) bagi LM3 lainnya dan masyarakat sekitar. "LM3 Model ini didirikan, dimiliki, dan dikelola oleh pengelola LM3 secara swadaya," ujarnya dalam pertemuan penguatan jaringan informasi dan kerjasama LM3 di Cikampek.

 

Ato menambahkan, selain telah berhasil mengaplikasi pengembangan usaha agribisnis, LM3 diharapkan dapat mengajak dan menggerakkan masyarakat sekitar untuk mengembangkan agribisnis melalui proses pembelajaran.

"Dalam mendukung program ini (pengembangan LM3, Red), sejak 2006 Kementan sudah mengalokasikan sejumlah dana untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha agribisnis lebih dari 6.800 LM3 se-Indonesia. Alokasi dana tersebut dalam bentuk Dana Bantuan Sosial sebagai dana penguatan modal usaha agribisnis LM3," katanya.

CIKAMPEK - Untuk meningkatkan sektor agribisnis, Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan kapasitas kelembagaan LM3 (Lembaga Mandiri yang Mengakar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News