Kementan Kerahkan Tim Relawan untuk Penanganan Wabah PMK di Tulungagung

Kementan Kerahkan Tim Relawan untuk Penanganan Wabah PMK di Tulungagung
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan kesiapan penuh seluruh jajaran BPPSDM untuk menghadapi wabah PMK. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan kesiapan penuh seluruh jajaran BPPSDM dalam mendukung negara menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Oleh karenanya kami harus bantu petugas, bantu peternak dengan segala kemampuan agar wabah PMK bisa segera ditanggulangi dan peternak kembali bersemangat untuk beternak, terutama sapi perah dan sapi potong, serta ternak berkuku genap lainnya,” tegas Dedi.

Pihaknya pun langsung menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian melalui kesiagaan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah BPPSDMP.

Hal itu sebagai respons cepat, Polbangtan Malang memberangkatkan 20 mahasiswa yang didampingi Ketua Jurusan Peternakan Wahyu Windari) dan Kaprodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (Sadlikah).

“Menanggapi surat Kepala Dinas Perternakan dan Keswan Kabupaten Tulungagung terkait permintaan bantuan relawan penanganan PMK di wilayahnya, Polbangtan Malang merespon secara cepat permintaan tersebut, “ ungkap Dedi.

Kadis PKH Kabupaten Tulungagung Mulyanto menyatakan karena keterbatasan sumberdaya manusia yang ada di dinas maupun pelaku usaha, untuk itu dibutuhkan bantuan dari insan akademik terutama dalam pelaksanaan vaksinasi PMK di wilayahnya.

“Target vaksinasi per hari adalah 100 dosis setiap tim, dan dilakukan door to door, sehingga dibutuhkan banyak tenaga relawan, termasuk dari Polbangtan Malang, “ ungkap Mulyanto

Saat melepas tim relawan Direktur Polbangtan Malang Setyabudi Udrayana berpesan agar dapat menjalankan tugas dengan baik, serta menjaga perilaku higienis, karena manusia berperan sebagai vektor untuk virus PMK.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan kesiapan penuh seluruh jajaran BPPSDM untuk menghadapi wabah PMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News