JPNN.com

Kementan Pastikan Fokus Pengembangan SDM di Era Industri 4.0

Senin, 15 Juli 2019 – 16:58 WIB Kementan Pastikan Fokus Pengembangan SDM di Era Industri 4.0 - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini sedang fokus untuk mengembangkan aspek sumber daya manusia (SDM) untuk mencapai ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Pengembangan ini menjadi strategi Kementan dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Karena sejauh ini pembangunan infrastuktur sudah sangat baik.

"Tekad pemerintah sekarang adalah menjadikan pembangunan sumber daya manusia sebagai prioritas utama," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri kepada awak media, Senin (15/7).

BACA JUGA: Kementan Minta Petani Lebih Bijak Gunakan Pestisida

Guna mewujudkan tekad itu, pemerintah terus menyelenggarakan berbagai kegiatan bimbingan teknis, serta mendistribusikan bantuan alat dan mesin pertanian untuk membantu meningkatkan produktivitas petani.

"Pola ini mempermudah generasi muda supaya bisa mengendalikan mesin tanpa harus berkubang dengan lumpur. Di sisi lain, upaya ini secara perlahan telah membuka mata banyak orang terhadap profesi petani," sebut Kuntoro.

Terpisah, Erizal Jamal selaku Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementan menuturkan, ke depannya dapat dibangun standarisasi profesi petani supaya sejajar dengan profesi lain. Patokan standarisasi ini utamanya berkaitan dengan produktivitas dan pendapatan yang diterima.

"Upaya ini telah mempunyai landasan hukum dengan adanya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Program ini yang nantinya membangkitkan potensi petani bersama lahannya," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...