Kementan Pastikan Stok Daging Sapi Jelang Puasa sampai Lebaran Mencukupi

Kementan Pastikan Stok Daging Sapi Jelang Puasa sampai Lebaran Mencukupi
Kementan menjamin persediaan daging sapi dan kerbau aman sampai Lebaran. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menyatakan, ketersediaan daging sapi, kerbau, hingga Mei 2022 aman dan mencukupi.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah pada Kamis (24/2) dalam menanggapi isu yang beredar saat ini terkait kenaikan harga daging sapi atau kerbau.

Nasrullah mengatakan, hasil pendataan dan verifikasi secara faktual data ketersediaan daging sapi atau kerbau pada Februari hingga Mei mencapai 240.948,5 ton.

Sementara itu, kebutuhannya mencapai 238.211,8 ton sehingga masih ada surplus 2.736,7 ton.

Dia menyebutkan, komposisi ketersediaan daging tersebut terdiri atas produksi sapi kerbau lokal 564.360 ekor atau setara daging 101.596 ton, sapi bakalan impor siap potong 174.264 ekor atau setara daging 33.404,7 ton, daging sapi kerbau beku impor 105.947,8 ton.

“Artinya, secara ketersediaan daging sapi atau kerbau hingga Mei tercukupi. Jadi, ketersediaan daging sapi/kerbau untuk Ramadan dan Idulfitri aman,'' ujarnya.

Nasrullah menuturkan, validasi data prognosa ketersediaan dan kebutuhan daging sapi atau kerbau ini secara periodik dibahas bersama dengan kementerian dan lembaga terkait lain, serta asosiasi peternakan dan importir daging sapi atau kerbau.

Menurut dia, untuk menjamin validasi data, timnya selalu memantau lapangan per minggu dan rilis update data pada Senin setiap minggu,'' imbuhnya.

Kementan menegaskan bahwa persediaan daging sapi dan kerbau menjelang puasa hingga Lebaran mencukupi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News