JPNN.com

Kementan: Pembangunan Embung di Banten Meningkatkan IP dan Kebersamaan Petani

Rabu, 16 September 2020 – 15:24 WIB
Kementan: Pembangunan Embung di Banten Meningkatkan IP dan Kebersamaan Petani - JPNN.com
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau sebuah sawah. Foto: dok Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan embung yang dilakukan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian di Banten bertujuan untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP), serta membangun kebersamaan dan gotong royong antarpetani.  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa kebutuhan pengairan untuk pertanian tidak dapat ditunda.

"Untuk menjamin keberlangsungan pertanian, dibutuhkan ketersediaan air yang cukup. Dan kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan pembangunan embung,” kata Mentan SYL, Rabu (16/9).

Sementara itu Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy mengatakan pembangunan embung tersebut dilakukan melalui skema padat karya.

“Kegiatan padat karya dengan membangun embung telah melibatkan semua petani. Sehingga petani punya rasa tanggung jawab dan rasa memiliki. Selain itu mereka mendapat insentif dari hasil jerih payahnya membangun embung tersebut,” kata Edhy.

Pada tahun 2020, Ditjen PSP memberikan bantuan pemerintah berupa pembangunan embung sebanyak lima unit. Salah satu penerimanya adalah Kelompok Tani Makmur Jaya, di Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak.

Luas lahan yang bisa mendapat manfaat dari keberadaan embung tersebut adalah 87 hektare.
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid optimistis pembangunan embung di wilayahnya dapat meningkatkan produksi pertanian daerah itu.

"Semoga dengan adanya embung bisa meningkatkan hasil panen petani, yang tadinya panen satu kali setahun bisa dua kali. Yang tadinya dua kali panen menjadi tiga kali panen," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra