Kementan Salurkan KUR ke 471 Petani Karanganyar Sebesar Rp 4,8 Miliar

Kementan Salurkan KUR ke 471 Petani Karanganyar Sebesar Rp 4,8 Miliar
Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian Indah Megahwati. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, KARANGANYAR - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kepada sejumlah petani yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (12/2). Dalam kegiatan ini, Kementan bekerja sama dengan BNI.

Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Kementerian Pertanian Indah Megahwati, mengatakan total nilai KUR yang dikucurkan mencapai Rp 4,8 miliar dengan total penerima 471 petani.

“Pemberian KUR tani ini untuk mendorong kemandirian petani sehingga dapat mengembangkan usaha pertanian tanpa agunan dengan bunga yang rendah,” ujar Indah pada Acara Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0 di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (12/2).

Pada tahun ini, suku bunga KUR ditetapkan menjadi enam persen per tahun dan tanpa agunan untuk pinjaman maksimal Rp 50 juta.

Sebelumnya, bunga KUR pada 2019 sebesar 7-8 persen per tahun. Dengan penurunan bunga ini, petani bisa mendapatkan pembiayaan dengan bunga rendah.

Nantinya, pemberian KUR ini akan disesuaikan dengan komoditas pangan yang ditanam oleh petani. "Bunga enam persen bukan cuma setahun. Kalau usahanya tanam jagung, hanya tiga bulan itu berarti bunganya hanya 0,2 persen bukan 6 persen," kata Indah.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Jaringan BNI, Tambok P Setyawati, menyebutkan target penyaluran KUR BNI tahun 2020 secara nasional sebesar Rp 22 triliun.

"Khusus penyaluran KUR di daerah Solo Raya, dari tahun 2015 sampai 31 Januari 2020 sebesar Rp 494 miliar dengan jumlah penerima KUR 3.500 orang," kata Tambok.

Kementan kembali menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kepada 471 petani yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (12/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News