Kementan Segera Kukuhkan 2.000 Duta Petani Milenial 2021

Kementan Segera Kukuhkan 2.000 Duta Petani Milenial 2021
Foto: Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi sedang berbincang dengan petani. (Dok Kementan)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) bakal mengukuhkan 2.000 duta petani milenial dan duta petani andalan 2021.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan, pengukuhan bakal dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo.

“Kami sudah seleksi 2.000 duta petani milenial dan duta petani andalan yang akan dikukuhkan oleh Bapak Presiden pada 6 Agustus 2021," kata Dedi Nursyamsi dalam press conference secara virtual, Rabu (4/8).

Menurut Dedi, setelah duta petani milenial dan duta petani andalan dikukuhkan mereka kemudian akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan pertanian.

"Mereka nanti akan mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR),” kata Dedi.

Nantinya, apabila sudah mendapatkan KUR, artinya para duta petani milenial dan duta petani andalan itu sudah siap tempur di dunia perusahaan atau pembangunan pertanian.

Dedi mengatakan akan terus mendorong duta petani milenial dan duta petani andalan untuk mengambil KUR, yang hingga saat ini baru terserap setengah dari total Rp 70 triliun yang dianggarkan ke Kementan.

"KUR itu bunganya hanya 6 persen bandingkan dengan kredit komersial yang bunganya 12 hingga 13 persen. Saya berharap petani dan seluruh praktisi pertanian bisa memanfaatkan KUR," tuturnya.

BPPSDMP Kementan bakal mengukuhkan ribuan duta petani milenial dan duta petani andalan 2021 yang akan dikukuhkan oleh Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News