Kementan Siap Bantu Mitigasi Sawah di Majalengka

Kementan Siap Bantu Mitigasi Sawah di Majalengka
Foto: kiriman dari Kementan

jpnn.com, MAJALENGKA - Kementerian Pertanian (Kementan) siap berikan bantuan mitigasi untuk mengatasi banjir yang merendam ratusan hektare sawah di beberapa wilayah di Kabupaten Majalengka.

"Saya ingin lokasi ini diperbaiki dan kembali difungsikan sebagai lahan pertanian sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Mentan SYL mengatakan, Kabupaten Majalengka salah satu wilayah penyangga pangan dan kawasan pertanian nasional yang harus dipulihkan dengan kekuatan gerakan kedaulatan pangan. Menurut dia, Majalengka salah satu kabupaten subur yang berpotensi mendorong Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.

"Karena itu pertanian adalah bagian dari gerakan yang harus kita bangun bersama. Sektor pertanian harus menjadi konsep pendidikan dan edukasi yang baik untuk menghidupkan perekonomian masyarakat luas," kata Mentan SYL.

Sementara, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy memastikan, upaya pencegahan maupun penanggulangan dampak hujan berupa banjir di area persawahan tahun ini akan lebih efektif. Kementan, menurut dia, telah menyiapkan seluruh kebutuhan sarana prasarana.

"Pemerintah akan menyiapkan upaya pompanisasi untuk area banjir dan bantuan bibit . Silakan pemda koordinasi untuk menyiapkan pompanisasi jika masih terdapat genangan di sawah," kata Sarwo Edhy.

Selain itu, Pemerintah akan memberikan bantuan bagi para petani yang sawahnya terdampak banjir.

“Bagi petani yang sawahnya memiliki asuransi tani, pemerintah akan memberikan kompensasi senilai Rp 6 juta per hektare.” ujar Sarwo Edhy.

Mentan SYL mengatakan, Kabupaten Majalengka merupakan salah satu wilayah penyangga pangan dan kawasan pertanian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News