JPNN.com

Panen Raya Jagung di Blora

Kementan Siap Memfasilitasi Kerja Sama Petani dan Peternak Ayam

Selasa, 19 Februari 2019 – 19:33 WIB Kementan Siap Memfasilitasi Kerja Sama Petani dan Peternak Ayam - JPNN.com

jpnn.com, BLORA - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita menggelar panen raya jagung di Banjarejo, Blora, Jawa Tengah, Selasa (19/2).

Mendapat tugas langsung dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Diarmita mengaku siap untuk memfasilitasi kerja sama pemanfaatan jagung hasil panen raya petani dengan peternak ayam.

“Petani yang harus dibina di sini ada dua, yaitu petani jagung dan peternak ayam. Kami pemerintah ada di tengah-tengah mereka dan mengayomi keduanya,” ujar I Ketut Diarmita, Selasa (19/2).

BACA JUGA: Petani Mulai Panen Jagung, Mentan: Pemerintah Siap Serap

Menurut dia, dalam pakan unggas, jagung merupakan komponen penting karena berkontribusi sekitar 40-50 persen dalam formulasi pakan. Sehingga, ketersediaan jagung sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha peternakan.

Sesuai data prognosa jagung 2018 dari Badan Ketahanan Pangan, total penggunaan jagung di Indonesia sebesar 15,58 juta ton dan sekitar 66,1 persen atau 10,3 juta ton untuk memenuhi kebutuhan industri pakan dan peternak ayam.

Diarmita menuturkan, jika produksi pakan tahun 2018 sekitar 19,4 juta ton, maka setidaknya dibutuhkan jagung 7,8 juta ton untuk industri pakan ditambah 2,5 juta ton untuk peternak mandiri. Sedangkan di 2019, industri pakan memerlukan 8,59 juta ton dan peternak mandiri 2,9 juta ton.

Hal ini menurutnya dapat menjadi pendorong bagi berkembangnya agrobisnis jagung di Indonesia dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan petani sekaligus sebagai motor penggerak pembangunan di pedesaan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...