Kementan Targetkan Kawasan Modasi Jadi Surga Holtikultura

Kementan Targetkan Kawasan Modasi Jadi Surga Holtikultura
Lahan pertanian bawang putih di Kabupaten Minahasa Selatan. Foto: Kementan.

jpnn.com, MINAHASA SELATAN - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan tiga kawasan di lereng Gunung Soputan, Sulawesi Utara yaitu Kecamatan Modayak, Modoinding dan Passi (Modasi) menjadi surga holtikultura.  Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Novly Wowiling, kawasan Modasi dengan luas lahan 12 ribu hektare sangat prospektif untuk pengembangan hortikultura.

"Sulawesi Utara siap mengamankan pengembangan kawasan hortikultura khususnya dalam menyukseskan program swasembada bawang putih 2021, seperti yang diamanahkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman," kata Novly, Minggu (8/7).

Minahasa Selatan yang dimekarkan pada 2003 itu masih mewarisi potensi pertanian dari daerah induknya, Kabupaten Minahasa. Menurut Kepala Dinas Pertanian Minahasa Selatan Frans Tilaar, Kecamatan Modoinding merupakan penghasil utama kebutuhan sayuran di Kabupaten Minahasa Selatan. 

"Kawasan potensial di sini bisa mencapai 6 ribu hektare.  Hampir 70 persen kebutuhan sayuran di Sulawesi Utara disuplai dari Modoinding," kata dia.

Frans menambahkan, komoditas yang banyak ditanam adalah kentang, tomat, wortel, jagung, bawang daun, buncis, kubis, cabai dan bawang merah. Dia menilai kawasan Modoinding layak sebagai wilayah pengembangan holtikultura. 

Selain potensi sayuran, Kabupaten Minahasa Selatan yang berada di tepi Laut Sulawesi juga memiliki peluang untuk pengembangan bawang putih, khususnya di Kecamatan Modoinding. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.100 sampai 1.400 meter di atas permukaan laut sangat cocok untuk lahan pertanian bawang putih.

"Kami sangat mendukung program swasembada bawang putih tahun 2021 yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Apalagi didukung kondisi geografis Minahasa Selatan yang sangat prospektif untuk pengembangan bawang putih. Harapannya, Kawasan Modasi di Indonesia bagian tengah ini mampu menjadi penyangga bawang putih nasional," tegasnya.

Penyuluh pertanian di Kecamatan Mondoinding, Renly Liow menjelaskan, petani hortikultura di wilayahnya sangat konsisten menjaga pola tanam sayuran meliputi kubis,  bawang daun, kacang merah dan jagung manis. Kebutuhan akan air pun tercukupi karena ada Danau Moat. 

Kementan sedang menyerusi lahan pertanian di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Selatan untuk menjadi penghasil bawang putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News