Kementan-TNI Siap Bikin Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Kementan-TNI Siap Bikin Indonesia Lumbung Pangan Dunia
Panglima TNI, Dirjen Holtikultura, KSAD dan Gubernur Riau bergabung dengan petani melakukan penanaman perdana pagi dan jagung, di Siak, Riau, Rabu (5/4). Foto: Kementan

jpnn.com, SIAK - Kementerian Pertanian besama TNI melaksanakan tanam padi dan jagung di areal seluas lima ribu hektare di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu (5/4).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)  Jenderal TNI Mulyono mengatakan, kegiatan itu sangat strategis dalam rangka mendukung program pemerintah sesuai Nawa Cita Mandiri terhadap ketahanan pangan nasional.

"Sesuai dengan visi presiden menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia di tahun 2045. TNI selalu hadir bersama masyarakat," kata Mulyono dalam sambutannya pada acara yang dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Mulyono berharap, wilayah lain bisa mencontoh kesungguhan Kabupaten Siak dalam hal kemandirian mewujudkan ketahanan pangan.

"Bagaimana Kementerian Pertanian membuat MoU dengan TNI AD untuk mewujudkan swasembada beras dalam waktu tiga tahun, tetapi nyatanya sebelum waktu target yang ditentukan, swasembada beras sudah terwujud," ungkap Mulyono.

Mulyono menambahkan, beberapa waktu lalu Indonesia mampu ekspor ke Srilangka.

Hal Ini menjukkan bahwa Indonesia sebenarnya bisa mewujudkan mandiri dan berdaulat pangan.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura Spudnik Sudjono mengatakan, fondasi mendasar yang telah ditetapkan Menteri Andi Amran Sulaiman dengan memperkuat sarana produksi melalui alat mesin pertanian seperti, RMU atau penggilingan gabah, rice transplanter, combine harvester, traktor.

Kementerian Pertanian besama TNI melaksanakan tanam padi dan jagung di areal seluas lima ribu hektare di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu (5/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News