Kementerian Agama Melibatkan Penghulu dan Penyuluh Jadi Aktor Resolusi Konflik

Kementerian Agama Melibatkan Penghulu dan Penyuluh Jadi Aktor Resolusi Konflik
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag Muhammad Adib. Foto: dok Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya mencegah konflik sosial berdimensi agama di tengah masyarakat.

Salah satunya dengan melibatkan penghulu dan penyuluh agama untuk menjadi aktor resolusi konflik.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag Muhammad Adib mengatakan, penanganan konflik sosial berdimensi keagamaan membutuhkan keberanian dan kecintaan pada perdamaian.

Untuk itu, Kementerian Agama membuka pendaftaran Sekolah Penyuluh dan Penghulu Aktor Resolusi Konflik (SPARK) 2024, yang dimulai pada 1 Mei hingga 19 Mei 2024.

“Pendaftaran dan seleksi kami buka pada 1 hingga 19 Mei 2024, hasil seleksi akan diumumkan pada 20 Mei dan kegiatannya digelar pada 27 Mei hingga 26 Juli 2024,” ujar Adib di Jakarta pada Selasa (23/4).

Adib menjelaskan, SPARK dirancang untuk mempertajam kepekaan dan kecakapan teknis para penyuluh dan penghulu dalam membuat keputusan ketika menghadapi atau mencegah konflik.

“Program ini dirancang untuk meningkatkan kepekaan dan kecakapan teknis para penyuluh dan penghulu dalam menangani atau mencegah konflik sosial berdimensi keagamaan,” terangnya.

Selain itu, lanjut Adib, pihaknya juga bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan untuk menggelar kursus daring terbuka untuk umum (MOOC) di bidang deteksi dini.

Kementerian Agama membuka pendaftaran Sekolah Penyuluh dan Penghulu Aktor Resolusi Konflik mulai 1 Mei hingga 19 Mei 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News