Kementerian BUMN Resmikan 3 PTBg Limbah Sawit Milik PTPN V

Kementerian BUMN Resmikan 3 PTBg Limbah Sawit Milik PTPN V
Tiga pembangkit tenaga biogas milik PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V), sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III diresmikan. Foto dok PTPN V

jpnn.com, KAMPAR - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I Pahala Nugraha Mansury meresmikan tiga pembangkit tenaga biogas milik PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V), sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III.

Peresmian itu merupakan bagian dari upaya mendukung komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim yang disampaikan Presiden Jokowi pada World Leader Summit COP26 di Glasgow, Skotlandia, beberapa waktu lalu.

Ketiga pembangkit tenaga biogas (PTBg) yang diresmikan tersebut adalah PTBg Sungai Pagar dan PTBg Sei Tapung, yang berlokasi di Kabupaten Kampar serta PTBg Lubuk Dalam di Kabupaten Siak, Riau.

"Saya ucapkan selamat kepada PTPN V atas kerja kerasnya melakukan transformasi dan sinergi bersama BRIN yang telah membangun PTBg," kata Pahala di Kabupaten Kampar, Senin (29/11).

Dengan diresmikannya ketiga PTBg, PTPN V tercatat sebagai perusahaan perkebunan milik negara terbesar yang mengelola pembangkit biogas di lingkungan PTPN Group, dengan memanfaatkan gas metana dari limbah cair kelapa sawit atau Palm Oil Mill Effluent (POME).

Keberadaan PTBg ini, lanjut dia, sejalan dengan komitmen Indonesia dalam melaksanakan dekarbonisasi menuju Indonesia Net Zero Emissions pada 2060 mendatang.

"Ini memang tidak mudah, tapi kita terus berupaya.  PTPN Group sudah berkomitmen untuk mengurangi emisi 29 persen pada tahun 2030, termasuk mengubah energi yang digunakan. Hari ini yang kita saksikan dimana biogas mengganti energi yang digunakan selama ini.  Terima kasih kepada BRIN yang aktif mewujudkan dekarbonisasi bersama PTPN," urainya.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan PTBg yang terpasang di PKS Sei Pagar PTPN V ini merupakan model yang efisien karena memanfaatkan reaktor.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I Pahala Nugraha Mansury meresmikan tiga pembangkit tenaga biogas milik PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News