Kementerian Pertahanan Luncurkan KRI Teluk Weda, Kapal Angkut Tank Produksi Dalam Negeri

Kementerian Pertahanan Luncurkan KRI Teluk Weda, Kapal Angkut Tank Produksi Dalam Negeri
KRI Teluk Weda-526. Foto: dok Humas Kemhan

jpnn.com, BATAM - Kementerian Pertahanan meluncurkan Kapal Angkut Tank (AT-8) H-355 bernama KRI Teluk Weda-526 yang akan diperuntukkan buat TNI Angkatan Laut.

KRI pengangkut tank dengan nomor lambung 526 itu merupakan produksi industri pertahanan dalam negeri.

Bermarkas di Batam Kepulauan Riau, PT Bandar Abadi Ship Builders and Dry Docks di Batam merupakan produsen sekaligus penanggungjawab pembuatan kapal tersebut yang kemudian diberi nama KRI Teluk Weda-526.

Kemhan melalui Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan (Kapusalpalhan) Badan Sarana Pertahanan (Baranahan), Marsma TNI Asfan Jauhari pada Sabtu (27/2) lalu, mendatangi langsung prosesi peluncuran kapal angkut tank yang nantinya akan dioperasikan guna mendukung kekuatan pertahanan laut dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Turut hadir pada acara tersebut, Komisaris Standly Rojali beserta Direktur PT Bandar Abadi Maslina Simanjuntak dan sejumlah pejabat Kemhan lainnya serta dari TNI Angkatan Laut.

Dalam sambutannya, Marsma Asfan menyampaikan bahwa peluncuran kapal merupakan salah satu momen penting dalam proses pengadaan kapal yang dibangun sejak 13 September 2019.

"Kemhan berharap, penyelesaian pembangunan Kapal Angkut Tank tersebut dapat terselesaikan dan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Pengadaan Kapal Angkut Tank ini merupakan bagian dari program Pembangunan Kekuatan Pertahanan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum essensial force (MEF) sesuai renstra tahun 2015-2019," katanya seperti keterangan pers yang diterima JPNN.com.

Marsma Asfan berharap, penyelesaian pembangunan Kapal Angkut Tank ini dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah direncanakan.

KRI Teluk Weda merupakan kapal angkut tank dengan nomor lambung 526, hasil produksi industri pertahanan dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News