Kementerian PU Pastikan Tol Cikampek-Palimanan Tuntas Sebelum Lebaran

Kementerian PU Pastikan Tol Cikampek-Palimanan Tuntas Sebelum Lebaran
Kementerian PU Pastikan Tol Cikampek-Palimanan Tuntas Sebelum Lebaran

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya secepat mungkin membenahi jalan-jalan utama di jalur pantai utara (Pantura) Jawa. Salah satunya adalah tol baru Cikampek-Palimanan yang ditargetkan selesai sebelum arus mudik lebaran tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol yang membentang dari Cikampak di Kabupaten Karawang hingga Palimanan di Kabupaten Cirebon itu telah mendekati rampung. Saat ini, progres pembangunan tol yang akan menjadi rujukan dalam arus mudik jalur utara itu telah mencapai 93 persen.

"Semua jalan sudah dilakukan pengerasan. Progres telah berjalan," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (4/4).

Dia menambahkan, sebagian jalan juga telah dilapisi beton. Dari dari 116,75 Kilometer (Km) panjang keseluruhan tol Cikampek-Palimanan, hanya 5 Km yang masih belum dilapisi beton. Karenanya ia optimistis dalam waktu dua bulan menjelang musim mudik nanti, tol Cikampek-Palimangan sudah bisa digunakan.

"Sebagian jalan sudah jadi. Kita sebut sudah jadi jika sudah dilapisi beton dan dapat dilalui. Minggu depan kita akan mulai uji layak jalan per ruas," jelasnya.

Selain menggenjot pembangunan fisik jalan, pihak konstruktor juga diminta untuk cepat dalam pembangunan perlengkapan fasilitas di area tol. Seperti rest area yang rencananya akan dibuat sebanyak 8 tempat di titik berbeda.

Tak hanya itu, Basuki juga meminta jembatan penghubung dari daerah-daerah sekitar bisa secepatnya selesai. Sehingga, nantinya tol bisa dijangkau tak hanya dari jalur utama dari arah Cikampek.

Pengadaan tol ini diyakini dapat mengurangi beban lalu lintas jalur Pantura. Kendaraan yang biasa mengambil rute simpang Jomin, Karawang untuk menuju Indramayu atau menuju Pantura, bisa dialihkan untuk menggunakan tol Cikampek-Palimanan sehingga  kepadatan arus kendaraan dapat dikurangi.

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya secepat mungkin membenahi jalan-jalan utama di jalur pantai utara (Pantura)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News